Rancang Bangun Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Website Di SMK KP Gajahmada 1 Metro
(1) STMIK Dharma Wacana Metro
(2) STMIK Dharma Wacana Metro
(*) Corresponding Author
Abstract
SMK KP Gajahmada 1 Metro merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang memiliki tugas untuk mempersiapkan peserta didiknya untuk dapat bekerja di bidang-bidang tertentu. Sistem pembelajaran yang berjalan saat ini menggunakan metode konvensional dimana kegiatan belajar mengajar berlangung secara tatap muka dengan ceramah dan mencatat, proses pembelajaran berjalan sangat abstrak dan teoritis serta kebenaran bersifat absolut dari guru dimana hal ini menyebabkan siswa kurang aktif, siswa kurang mengerti isi dari materi yang disampaikan serta guru mengalami kesulitan dalam pembagian materi ke seluruh siswa. Proses pembelajaran tidak terlepas dari peran media pembelajaran yang bertujuan untuk menyampaikan pesan ,merangsang fikiran, perasaan serta kemauan siswa dalam proses pembelajaran, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk membuat aplikasi media pembelajaran blended learning berbasis website. Metode blended learning memadukan antara pertemuan tatap muka dengan materi online secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi IT (media video conference, phone conference, chating online dan lain-lain).Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan siswa dapat lebih aktif belajar,leluasa dalam bertanya, melakukan konsultasi, menyatakan pendapatnya mengenai materi baik di sekolah maupun diluar jam sekolah dan pembagian materi keseluruh siswa terpenuhi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.53514/jc.v1i1.34
Article Metrics


DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jc.v1i1.34.g23
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: STMIK Dharma Wacana Metro
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
Email: lppmstmikdw@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.