SISTEM INFORMASI PENILAIAN PENGETAHUAN SISWA BERBASIS DARING Study kasus : MA. MA’ARIF 9 KOTAGAJAH

Rizqy Asshiddiqy Ahmad Sholeh1* Usep Saprudin2 Ridwan Yusuf3
(1) STMIK Dharma Wacana Metro
(2) STMIK Dharma Wacana Metro
(3) STMIK Dharma Wacana Metro
(*) Corresponding Author

Abstract

Madrasah Aliyah (MA) Ma’arif 9 Kotagajah adalah Sekolah berbasis Agama Islam yang setara dengan SLTA / Sederajat, sebagai suatu lembaga yang berfungsi sebagai tempat melaksanakan proses belajar - mengajar, pelatihan dan pengembangan terhadap anak didiknya. MA Ma’arif 9 Kotagajah merupakan sekolah yang berada dibawah naungan Lembaga Pendidikan Majelis Wakil Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU. MA Ma’arif 9 Kotagajah mempunyai 2 Program Studi, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). MA Ma’arif 9 Kotagajah mendapatkan izin operasional pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melalui surat keputusan (SK) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung No. Kw.08/SK/24/2011 pada tanggal 15 April 2011. Dalam prosesnya tak luput juga dilaksanakan kegiatan penilaian siswa, proses penilaian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi pelajaran dan pengetahuan. Dalam pelaksanaannya penilaian pengetahuan siswa dilakukan secara daring, Mendikbud juga menjelaskan mengenai mekanisme Ujian Sekolah, bahwa ujian atau tes yang yang diselenggarakan dalam bentuk tatap muka tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilakukan sebelum terbitnya edaran yang dikeluarkan oleh Mendikbud. Pelaksanaan penilaian siswa berbasis daring sebaiknya menggunakan pengacakan soal dengan metode LCM (Linear Congruent Method) yang terintegrasi terhadap kualitas butir soal pada penilaian soal pilihan ganda serta pengelompokan hasil nilai siswa dengan menggunakan metode Profile Matching yang dapat memudahkan guru dalam melakukan proses evaluasi siswa guna menindak lanjuti siswa yang masih butuh penanganan lebih dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords

Penilaian Pengetahuan, Pembelajaran daring, Linear Congruent Method, Profile Matching.

Full Text:

PDF

References

Al-Bahra bin Ladjamudin (2005). Analisis dan Desain Sistem Infomasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Limbong, Tonni (2015), dan Janner Simarmata. “IMPLEMENTASI LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) UNTUK PENGACAKAN SOAL UJIAN BERKATEGORI,”.

Pressman (2015), R.S. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Muhammad Wahid, Baginda Oloan Siregar. Perancangan Aplikasi Soal-Soal Ujian Online Dengan Pemanfaatan SMS Gateway Sebagai Media Penyimpanan Informasi

Suharsimi, Arikunto. (2009) “Dasar-dasar evaluasi pendidikan.” Jakarta: Bumi Aksara,.

Abdul Kadir, (2008). Dasar Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP. Bandung :ANDI OFFSET.

Syahrial, M. A. (2002). “Karakteristik Soal Ulangan IPA Kelas II SLTP Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tesis S2. Yogyakarta: PPS UNY,”.

Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni (2003), Pengenalan Teknologi Informasi, Andi, Jakarta.

Jogiyanto (2004), Kamus Komputer, Rineka Cipta Jakarta.

Tonni Limbong (2015), Janner Simarmata, Implementasi Linear Congruent Method (LCM) Untuk Pengacakan Soal Ujian Berkategori, Proceedings Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIKOM)



DOI: https://doi.org/10.53514/jc.v1i2.72

Article Metrics

Abstract views: 238 times
PDF Downloaded: 207 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jc.v1i2.72.g41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Fakultas Teknologi Bisnis dan Sains (FTBS)
Published by: Universitas Dharma Wacana
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
  Email: lppmstmikdw@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License