Visualisasi Data Pemetaan Nasabah Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam Jejamo Jaya Abadi Tulang Bawang Barat

Dara Bina1* Tri Aristi Saputri2
(1) STMIK Darma Wacana
(2) STMIK Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Pengelolaan data kredit yang baik pada koperasi sangat diharapkan pada saat melakukan kegiatan pendataan, pencatatan dan pelaporan. Dalam menjalankan operasionalnya, Koperasi Jejamo Jaya Abadi menerbitkan laporan keuangan dalam bentuk laporan. Namun, masih belum ada tampilan data perkreditan yang jelas dan menarik. Kajian tersebut menggunakan data pelaporan keuangan periode Agustus sampai dengan Desember 2023 untuk memvisualisasikan kredit lancar dan kredit bermasalah. Dalam hal ini, aplikasi Cloud Data Studio digunakan sebagai alat untuk membuat, mengelola, dan memvisualisasikan data dengan cepat, mudah, dan menarik, serta untuk menganalisis data dalam jumlah besar dari berbagai sumber. Data Studio memudahkan pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan sistem dasbor dan memudahkan pemahaman informasi yang dihasilkan. Selama proses visualisasi, Anda dapat menggunakan hasil visualisasi sebagai alat untuk menganalisis pola pada data Anda, baik sebagai diagram sebar, diagram garis, atau diagram batang. Kecepatan pengolahan data dan perolehan informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan sangat bermanfaat dan bermanfaat bagi Koperasi Jejamo Jaya Abadi. Tujuan dari penelitian adalah menyajikan pelanggan kredit (lancar dan macet) dalam bentuk visualisasi data.

Keywords

Cloud Data Studio Application; Koperasi Jejamo; Kredit; Simpan Pinjam

Full Text:

PDF

References

Ariandi, M., & Rahma Puteri, S. (2022). Analisis Visualisasi Data Kecamatan Kertapati menggunakan Tableau Public. JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknik Komputer), 14(2-b), 366–373. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jupiter/article/view/5141

Bachtiar, A. M., Dharmayanti, D., & Husnaisa, H. (2017). Visualisasi Data Terbuka Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(1). View of VISUALISASI DATA TERBUKA KETAHANAN PANGAN PROVINSI JAWA BARAT (unikom.ac.id)

Ghivary, R. Al, Mawar, M., Wulandari, N., Srikandi, N., & M. F, A. N. (2023). Peran Visualisasi Data Untuk Menunjang Analisa Data Kependudukan Di Indonesia. Pentahelix, 1(1), 57. https://doi.org/10.24853/penta.1.1.57-62

Irmayani, W. (2021). Visualisasi Data Pada Data Mining Menggunakan Metode Klasifikasi Naive Bayes. Jurnal Khatulistiwa Informatika, IX(I), 68–72.

Kasmiatun, & Saputri, T. A. (2023). Visualization Of Food Security Office Data, Metro City Agriculture And Fisheries. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 14(2), 165–172.

Santosa, F. A. (2022). Visualisasi Data Sebagai Layanan Perpustakaan Dalam Membantu Pertumbuhan Ekonomi. Pustakaloka:Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 14(2), 220–236.

Kohler.(1983). Kohler’s Dictinory For Accountants (W.W.Coper & Y.Ijiri (eds).(6th Edition).Prentice Hall.

Honggson,N.F.(2926). Banking Through the Ages, New York, Dadd, Mead & Company

Menarianti,I., 2015.Klasifikasi Data Mining Dalam Menentukan Pemberian Kredit Bagi Nasabah Koperasi. Jurnal Ilmiah Teknosains,Volume 1.

Kasmir.2023.Bank Dan Lembaga Keuangan Lainya,Edisi Revisi,Cetakan 12.Jakarta: Rajawali Pers..2012. Manajemen Perbankan,Cetakan 11.Jakarta: Rajawali Pers.

Koperasi Konsumen Jejamo Jaya Abadi. Rencana Anggaran Tahunan (RAT). 2019.

TA Saputri, S Muharni dkk. 2021. Pemanfaatan Google Data Studio Untuk Visualisasi Data Bagi Kepala Gudang UD Salim Abadi. Jurnal Ilmu Komputer untuk Masyarakat, Jilid 2, Volume 2.

TA Saputri, EP Budi. 2023. Analysis of Viral Warunk Sales Data Using The Apriori Algorithm Method to Determine Customer Purchasing Patterns. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, Jilid 3, Volume 1.



DOI: https://doi.org/10.53514/jco.v4i1.499

Article Metrics

Abstract views: 21 times
PDF Downloaded: 13 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jco.v4i1.499.g299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: STMIK Dharma Wacana Metro
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
E: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License