Evaluasi Usability Learning Management System Menggunakan System Usability Scale dan Task Centered System Design

Risnawati Risnawati1 Ahlijati Nuraminah2*
(1) STIMIK ESQ
(2) STIMIK ESQ
(*) Corresponding Author

Abstract

Learning Management System STIMIK ESQ merupakan media pembelajaran online berbasis web yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen STIMIK ESQ mulai Semester Ganjil 2020/2021 dan diharapkan dapat menjadi fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran di STIMIK ESQ. Namun, hingga saat ini belum pernah dilakukan evaluasi terhadap LMS yang dikaji dari tingkat usability-nya sehingga belum diketahui apakah dapat digunakan dengan baik oleh  pengguna. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi usability menggunakan System Usability Scale (SUS) berupa kuesioner dengan skala likert. Interpretasi skor SUS responden berdasarkan grade, adjective, acceptability, dan Net Promoter Score (NPS). Hasil penelitian terhadap 65 responden diperoleh skor SUS rata-rata responden 68 dengan interpretasi Grade C, responden menilai OK (adjective), Acceptable (Marginal), namun bersifat pasif dalam segi NPS. Rekomendasi perbaikan terhadap sistem dilakukan dengan menggunakan metode Task Centered System Design di mana rekomendasi utama adalah perbaikan dari sisi ketersediaan server dan perbaikan user interface.

Keywords

System Usability Scale; Task Centered System Design, LMS

Full Text:

PDF

References

Aisyah, S., Saputra, E., Evrilyan Rozanda, N., Khairil Ahsyar, T., Studi Sistem Informasi, P., Sains dan Teknologi, F., Sultan Syarif Kasim Riau Jl Soebrantas No, U. H., & Baru, S. (2021). Evaluasi Usability Website Dinas Pendidikan Provinsi Riau Menggunakan Metode System Usability Scale. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 7(2), 125–132. https://disdik.riau.go.id.

Aldhafeeri, F. M., & Khan, B. H. (2016). Teachers’ and Students’ Views on E-Learning Readiness in Kuwait’s Secondary Public Schools. Journal of Educational Technology Systems, 45(2), 202–235. https://doi.org/10.1177/0047239516646747

Brooke, J. (2020). SUS : A Retrospective. June.

Greenberg, S. (2004). Working Through Task-Centered System Design. Diaper, D. and Stanton, N.: The Handbook of Task Analysis for Human-Computer Interaction., 49–66.

Hass, C. (2019). A Practical Guide to Usability Testing. In Consumer Informatics and Digital Health (pp. 107–124). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-96906-0_6

Kadek, N., Wulandari, M. D., Sudana, O., & Raharja, S. (2022). Analisa Aspek Usability pada Sistem Informasi Tari dalam Sistem Informasi Upacara Yadnya Terintegrasi. In JITTER-Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer (Vol. 3, Issue 2).

Kurniawan, E., Nata, A., & Royal, S. (2022). PENERAPAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DALAM PENGUKURAN KEBERGUNAAN WEBSITE PROGRAM STUDI DI STMIK ROYAL. In Journal of Science and Social Research (Issue 1). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Liauw, T. T. (2022). Content Analysis and Its Application with Dynamic Online Content. Jurnal Teknik Industri, 24(2), 105–116. https://doi.org/10.9744/jti.24.2.105-116

NEALE, H., & NICHOLS, S. (2001). Theme-based content analysis: a flexible method for virtual environment evaluation. International Journal of Human-Computer Studies, 55(2), 167–189. https://doi.org/10.1006/ijhc.2001.0475

Sauro, J. (2011). A Practical Guide To The System Usability Scale: Background, Benchmarks & Best Practices. CreateSpace Independent Publishing Platform.

Setiawan, D., & Rafianto, N. (2015). Pengukuran usability pada learning management system perguruan tinggi menggunakan pedoman system usability scale. Teknologi, 10(1), 23–31. https://doi.org/10.26594/teknologi.v10i1.2010

Sharfina, Z., & Santoso, H. B. (2016). An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS). 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 145–148. https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872776

Taufani, M. N., Sagirani, T., Nurcahyawati, V., Program, ), Jurusan, S. /, & Informasi, S. (2021). Penerapan Metode Task Centered System Design (TCSD) untuk Analisis Perancangan UI/UX pada E-Learning di SMAN 1 Sidoarjo. In JSIKA (Vol. 10, Issue 02).

Utami, N. W., Arthana, I. K. R., & Darmawiguna, I. G. M. (2020). EVALUASI USABILITY PADA E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DENGAN METODE USABILITY TESTING. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 107. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23663

Yusuf, M., & Astuti, Y. (2020). System Usability Scale (SUS) Untuk Pengujian Usability Pada Pijar Career Center. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 9(2), 131–138. https://doi.org/10.34010/komputika.v9i2.2873



DOI: https://doi.org/10.53514/jco.v4i1.493

Article Metrics

Abstract views: 50 times
PDF Downloaded: 26 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jco.v4i1.493.g296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: STMIK Dharma Wacana Metro
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
E: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License