Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Praktikum Akuntansi

Marti Utari1 Diah Novita Sari2*
(1) Politeknik Negeri Sriwijaya
(2) Politeknik Negeri Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis PBL terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya, mengetahui kendala apa saja yang ada pada pengembangan PBL dengan MYOB Accounting, serta menemukan solusi untuk mengatasi setiap kendala yang ada agar pengembangan PBL dengan MYOB Accounting dapat disempurnakan Subjek penelitian adalah mahasiswa Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya. Jenis kegiatan penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran dengan Instructional Development Model (ID Model). Tahapan pada Instructional Development Model (ID Model) yaitu problem determination, Design dan development. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya media pembelajaran kasus praktikum akuntansi dengan pendekatan PBL dengan MYOB Accounting.

Keywords

Problem Based Learning; MYOB Accounting; Praktikum Akuntansi

Full Text:

PDF

References

Ahmad, A., & Sholeh, B. (2018). MYOB Accounting 24. Deepublish Publisher.

Arifin, J. (2001). Mengupas Tuntas MYOB Accounting MultiCurrency (Vol. 1). Elex Media Komputindo.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Ibrahim, M., & Nur, M. (2004). Pengajaran Berbasis Masalah. University Press.

Kazempour, E. (2013). The Effects of Inquiry-Based Teaching on Critical Thinking of Students. Journal of Social, 1(3).

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2).

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning) (N. Azizah, Ed.). Media Sahabat Cendikia.

Martini, S. (2022). Penerapan Strategi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntani Siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Smk Negeri 3 Banjarmasin. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik, 1(3).

Purtina, A. (2021). Program MYOB sebagai Sumber Belajar Pembelajaran Akuntansi. Widina Bhakti Persada.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru/ Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Kencana Prenada Media Group.

Salim, E. (2019). Pengaruh Penerapan Penggunaan Software Akuntansi MYOB Accounting Dalam Upaya Mempermudah Dan Mengefisienkan Kinerja Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan. Ekobistek, 8(1).

Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Gaung Persada Press.

Yuliati, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar IPA Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1).

Yuniarta, G. A. (2008). Pengembangan problem based learning dengan Myob accounting pada mata kuliah komputer akuntansi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 41(1).



DOI: https://doi.org/10.53514/jco.v4i1.482

Article Metrics

Abstract views: 56 times
PDF Downloaded: 49 times

DOI (PDF): https://doi.org/10.53514/jco.v3i2.482.g291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________ 

Journal Computer Science and Informatic Systems:J-Cosys
ISSN 2776-9690 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: STMIK Dharma Wacana Metro
W: https://e-jurnal.dharmawacana.ac.id/index.php/JCO
E: lp3m.stmik@dharmawacana.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons License