Pelatihan Merancang Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMP di Kabupaten Lampung Selatan

Agung Putra Wijaya1* Dina Maulina2 Lisa Tania3 Feriansyah Sesunan4
(1) Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Lampung
(2) Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Lampung
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Lampung
(4) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract

Implementasi penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Peningkatan kualitas pembelajaran mengindikasikan peningkatan profesionalitas guru. Sementara ini, sebagian besar guru SMP di Kabupaten Lampung Selatan belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam merancang PTK. Oleh karena itu, tim pelaksana kegiatan pengabdian FKIP Unila mengadakan pelatihan merancang PTK bagi guru-guru SMP di Kabupaten Lampung Selatan. Pelatihan ini diikuti oleh 21 guru SMP di Kabupaten Lampung Selatan. Pelatihan ini diawali dengan pemberian pretest, dilanjutkan dengan penjelasan materi oleh tim pelaksana, dilanjutkan dengan praktik merancang PTK dan diakhiri dengan pemberian posttest kepada peserta. Berdasarkan hasil evaluasi, diperoleh rata-rata skor pretest sebesar 34,7619 dengan simpangan baku sebesar 7,4960 dan rata-rata skor posttest sebesar 81,4286 dengan simpangan baku sebesar 5,7321. Berdasarkan data skor pretest dan posttest, diperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,7139 dengan simpangan baku sebesar 0,0827. Menurut kriteria Hake, peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta tergolong tinggi (rata-rata n-gain sebesar 0,7139 lebih dari 0,7). Dengan demikian, pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SMP di Kabupaten Lampung Selatan dalam merancang PTK. Hal ini diharapkan berdampak pada peningkatan profesionalisme guru.

Keywords

pelatihan, penelitian tindakan kelas, profesionalisme guru

Full Text:

PDF

References

Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media.

Annury, M. N. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui penelitian tindakan kelas. Dimas, 18(2), 177 – 193.

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Aulduna, 3(1), 15 – 22.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1) 14 – 25.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Departement of Physics Indiana University.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315 – 327.

Ni’mah, Z. A. (2017). Urgensi penelitian tindakan kelas bagi peningkatan profesionalitas guru antara cita dan fakta. Realita, 15(2), 1 – 22.

Prihantoro, A. & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49 – 60.

Slameto. (2015). Implementasi penelitian tindakan kelas. Scholaria, 5(3), 47 – 58.

Suejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). Pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Jurnal Abdi, 2(2), 51 – 59.

Susilowati, D. 2018. Penelitian tindakan kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Edunomika, 2(1), 36 – 46.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i2.438

Article Metrics

Abstract views: 132 times
PDF Downloaded: 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.