Pelatihan Penggunaan Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru PAUD IT Bismillah

Hanif Harahap1* Siska Eka Syafitri2 Dini Ramadhani3
(1) Universitas Samudra
(2) Universitas Samudra
(3) Universitas Samudra
(*) Corresponding Author

Abstract

Tersedianya berbagai jenis platform digital dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di kelas. Fitur-fitur canggih yang tersedia dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru untuk menarik perhatian peserta didik. Platform digital ini juga menyediakan fitur interaktif agar peserta didik juga dapat berinteraksi dengan media pembelajarannya. Pelatihan penggunaan platform digital ini mengajak guru untuk memanfaatkannya untuk menyajikan atau membuat media pembelajaran yang dapat digunakan saat proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari kegiatan ini adalah melatih para guru untuk menggunakan simulasi interaktif menggunakan PhET Education dan membuat permainan edukasi menggunakan Canva. Peserta kegiatan ini adalah seluruh guru di PAUD IT Bismillah. Metode kegiatan yang dilakukan yaitu mengidentifikasi kebutuhan, perencanaan kegiatan, melaksanakan kegiatan pelatihan, dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan platform PhET Education untuk simulasi interaktif pada setiap mata pelajaran. Serta setiap guru menghasilkan media pembelajaran berupa permainan edukasi yang didesain menggunakan Canva. Dari kegiatan ini para guru dapat menerapkan penggunaan platform digital sebagai media pembelajaran di kelas masing-masing.

Keywords

Platform digital;media pembelajaran; guru

Full Text:

PDF

References

Azizah, B. N., Mahrawi, M., & Ratnasari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Kontekstual. JUTECH : Journal Education and Technology, 3(1), 25–39. https://doi.org/10.31932/jutech.v3i1.1418

Banda, H. J., & Nzabahimana, J. (2023). The Impact of Physics Education Technology (PhET) Interactive Simulation-Based Learning on Motivation and Academic Achievement Among Malawian Physics Students. Journal of Science Education and Technology, 32(1), 127–141. https://doi.org/10.1007/s10956-022-10010-3

Ebe, L. S., Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (n.d.). The Iplementation Of “Canva” As Media To Increase Students Interest In Learning (Vol. 4).

Eka Yuda Wibawa, A. (2021). Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring di MI Muhammadiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2). https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.15

Eveline, E., Jumadi, Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). The Effect of Scaffolding Approach Assisted by PhET Simulation on Students’ Conceptual Understanding and Students’ Learning Independence in Physics. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012036

Fitriyati, I., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran Daring Menggunakan Phet Simulations Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1041. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1120

Hasyim, F., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2020). The Use of Android-Based PhET Simulation as an Effort to Improve Students’ Critical Thinking Skills during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(19), 31–41. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i19.15701

Husniyah, H., Tabroni, I., Fauzi, I. A., Apriansyah, R., Azahra, Y., Luthfi, T., Fajar, A., & EZ Muttaqien Purwakarta Corresponding Author, S. K. (2023). Media Canva: Learning Media Breakthrough for Student Learning Motivation. Indonesian Journal of Interdisciplinary Research in Science and Technology (MARCOPOLO), 1(2), 61–70. https://doi.org/10.55927/marcopolo.v1i2.3644

Inayah, N., & Masruroh, M. (2021). PhET Simulation Effectiveness as Laboratory Practices Learning Media to Improve Students’ Concept Understanding. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 152. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.2923

Lestari, S. A., Supriadi, B., & Harijanto, A. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai PhET Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Di SMA Pokok Bahasan Suhu dan Kalor.

Opoh, S. N., Haris, I., & Tune Sumar, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada Perkuliahan. Student Journal of Educational Management, 220–234. https://doi.org/10.37411/sjem.v1i2.1033

Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2020). Development of ubiquitous learning environment based on moodle learning management system. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 182–204. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i14.11775



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i1.404

Article Metrics

Abstract views: 557 times
PDF Downloaded: 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.