Pemanfaatan Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Desa Petir Kabupaten Serang

Sev Rahmiyanti1 Bambang Arianto2 Bekti Handayani3*
(1) Universitas Banten Jaya
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya
(3) Universitas Bhakti Kencana Serang
(*) Corresponding Author

Abstract

Media sosial telah berkontribusi sebagai sarana informasi, interaksi dan komunikasi bisnis kewargaan. Media sosial bisa digunakan sebagai sarana penguatan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama aspek pemasaran digital dan komunikasi bisnis. Dalam pengabdian masyarakat di Desa Petir Kabupaten Serang yang dilaksanakan pada tanggal 1 April 2023, telah diberikan pendampingan pemanfaatan media sosial sebagai sarana penguatan bisnis bagi para pegiat UMKM. Dalam pendampingan ini telah diberikan materi tata kelola media sosial dan pembuatan konten kreatif bagi penguatan bisnis UMKM. Dari hasil kegiatan ini diketahui bahwa pendampingan tata kelola media sosial membuat para pegiat UMKM bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana penguatan bisnis UMKM. Keberhasilan kegiatan ini tampak dari para pegiat UMKM Desa Petir yang bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi bisnis dan pemasaran digital. Selanjutnya para pegiat UMKM di Desa Petir Kabupaten Serang telah memahami bahwa media sosial dapat berperan penting bagi pengembangan dan penguatan bisnis UMKM.

Keywords

Media Sosial, Penguatan Bisnis, UMKM

Full Text:

PDF

References

Arianto, B., & Risdwiyanto, A. (2021). Kiprah aktor warganet melalui media sosial dalam pemasaran digital: Studi kasus pada #HondaBeat. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(1), 19-46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v11i1.636

Arianto, B., & Sofyan, H. (2020). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 6(2), 130-145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v6i2.19025

Arianto, B. (2023). Kebermanfaatan Media Sosial Bagi Generasi Internet: Studi Fenomenologi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33021/exp.v6i1.4185

Hartanto, H. Y. (2022). Analisis Pengaruh Media Sosial terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 9(1), 323–324. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.39254

Jayatanti, F. D., Isnawati, S. I., & Widagdo, T. H. (2022). Teknik Copywriting Harga Untuk Marketing Online Bagi Pelaku UMKM Kerajinan dan Souvenir di Desa Pucang Kabupaten Magelang. Jurnal Bakti Humaniora, 2(2), 21–27. https://doi.org/https://doi.org/10.35473/jbh.v2i2.2043

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas promosi melalui instagram pada UMKM sektor makanan dan minuman di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239–247. https://doi.org/http://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738

Prajarini, D., & Sayogo, D. (2021). Pengaruh desain post Instagram terhadap minat pembelian produk UMKM Kedai Kopi di Kabupaten Sleman. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1), 187–199. https://doi.org/https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4139

Rahmawati, D., Sariwaty, Y., Octaviani, F., & Rahmayani, R. (2020). Pemanfaatan Fotografi Melalui Smartphone Untuk Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Sosial Dan Abdimas, 2(1), 1–8.

Riwoe, F. L. R., & Mulyana, M. (2022). Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 3(1), 25–32. https://doi.org/https://doi.org/10.37641/jadkes.v3i1.1389

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susetyo, J. (2022). Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten bagi pelaku UMKM sebagai Upaya Promosi di Media Sosial. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1025



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i1.401

Article Metrics

Abstract views: 476 times
PDF Downloaded: 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.