Pemanfaaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Sarana Evaluasi Pembelajaran di SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta Timur

Ika Widiastuti1*
(1) Universitas Krisnadwipayana
(*) Corresponding Author

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dapat diketahui melalui proses evaluasi, namun terdapat kendala yang sering dihadapi oleh guru dalam melaksanakan evaluasi yaitu ketersediaan alat evaluasi bahkan bentuk dan format yang seragam dari evaluasi, sehingga kurang sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Kemajuan yang terjadi dalam dunia teknologi, informasi dan komunikasi memunculkan tantangan baru dalam dunia pendidikan. Di era globalisasi saat ini, kita tidak bisa menghindar dari kecanggihan teknologi yang semakin berkembang pesat. Oleh karena itu perlu diadakannya workshop training mengenai evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan Juli 2019 di SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 25 guru berbagai bidang studi. Hasil dari kegiatan pengabdian yaitu para guru sesuai dengan bidangnya telah dapat membuat soal berbasis TIK dengan menggunakan aplikasi kahoot. Kegiatan ini dilaksanakan supaya guru dapat berkompetensi dan beradaptasi dengan teknologi.

Keywords

evaluasi; teknologi informasi; komunikasi

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Bumi Aksara.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37– 46.

Ismail, I. L. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII A SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 89–103.

Latuheru, J. D. (1988). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini. Jakarta: Depdikbud.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949 No, U.-U. (20AD). Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedi



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.349

Article Metrics

Abstract views: 196 times
PDF Downloaded: 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.