Pendidikan dan Pelatihan bagi Kaum Milenial sebagai Cross Cutting Interpreters dalam Pengembangan Desa Wisata

Dian Kagungan1* Yulia Neta2 Feni Rosalia3
(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan kemampuan kaum millennial (kaum muda) sebagai cross cutting interpreters (kelompokyang mampu bertemu dan diterima oleh semua pemangku kepentingan pariwisata baik di internal desa wisata maupun dengan pihak eksternal, seperti wisatawan, pemerintah daerah, pihak swasta (investor) maupun kelompok kepentingan tertentu. Karena dapat diterima oleh semua pihak, kaum millenial juga memiliki peran sebagai sang penafsir (interpreter group), melalui pendidikan pelatihan dan pendampingan dalam rangka pengembangan potensi unggulan pariwisata berbasis agrowisata di kampung kopi Rigis Jaya Kabupaten Lampung Barat

Keywords

pendidikan dan pelatihan; millennial; cross cutting interpreters

Full Text:

PDF

References

Achyunda, R. Eva, R.R. & Wahyuni I.I (2017) Narasi Sebagai Strategi Viral Marketing pada akun Foodstagram @Makanpakereceh. E Proceeding of Management, 4(2), 1950-1958

Andini, N. P., Sunarti. 2019. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016 yang Melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 11(1), 1-6.

Bumdes.id Pusat Pelatihan dan Pendampingan Bumdes Indonesia (sumber internet).

Ali, H. & Purwandi (2017). The Urban Middle-Class Millenials Indonesia: Financial and Online Behaviour. Jakarta Selatan: PT Alvara Strategi Indonesia.

Dokumen Profil Desa Wisata Kampoeng Rigis jaya Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat Tahun 2020.

Kagungan, D, Rosalia F, Zainal, A. 2021.Genpys Strategy in Development Tourism in Lampung Province. Journal of Social Sciences and Humanities, (Sosiohumaniora), 23(2), 177-186 Padjadjaran University

Nugroho, S. & Palguna, A. A. N. (2016). Generasi Mudal dalam Praktik Desa Wisata di Kabupaten Badung (hal. 111 – 127) dalam Suryawan, I. B., Suryasih, A.A., Anom, I. P (Ed.) Perkembangan dan Pengembangan Desa Wisata. Depok: Herya Media.

Situmorang, F., Narottama, N. (2019). Peran Kaum Millenial Dalam Pengembangan Digital Nomadic Tourism Sebagai Badan Usaha Milik Desa: Studi kasus di Desa Wisata Pelaga Kabupaten Badung, Bali.

Tim Percepatan Wisata Desa Kota (2020) Pengembangan Desa Wisata: Desa Membangun Indonesia. Jakarta: Tim Percepatan Wisata Desa dan Kota, Kementerian Pariwisata Tahun 2020.



DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.301

Article Metrics

Abstract views: 174 times
PDF Downloaded: 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________

Jurnal Pengabdian Dharma Wacana

Organized by: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dharma Wacana
Published by: Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
phone. +62725-7850671
Fax. +62725-7850671

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.